Langsung ke konten utama

Gran Turismo

Thanks a lot Gran Turismo!! Karena sudah membuat anak anak Indonesia menjadi suka balapan dan kebut kebutan sekaligus menambah wawasan akan automotif. Dan inilah EVOLUSI dari Gran Turismo
GRAN TURISMO – PS One ( 1998 )
Image result for cover gran turismo 1
Awal kemunculan Gran Turismo di PS One banyak membuat orang amazed dengan keindahan serta grafis yang waktu itu bisa dibilang sangat luar biasa  terlihat real di tahun 1998.
Saat kemunculan Gran Turismo 1 di PS one, membuat industri game yang mendevelop RACING GAME, makin banyak bermunculan. Sebelum GT keluar, kita hanya disuguhi oleh berbagai macam RACING GAME medioker seperti Test Drive, Need For Speed, SEGA Rally, NASCAR, Formula 1, Ridge Racer. Dengan kemunculan Gran Turismo di 98, membuat mata dunia game genre Racing terbuka lebar dan ingin mengikuti kesuksesan Gran Turismo.
Dengan gameplay yang mengutamakan simulasi, Gran Turismo memberikan sentuhan baru dalam Racing Game dengan hampir lebih dari ratusan lisensi mobil mulai dari Toyota, Honda, Mazda, BMW, Mercedez, AUDI, Bentley, Mini Cooper dan lain lain, menjadikan Gran Turismo berbeda dengan yang lain.
Dengan dibekali modal 10.000 Dollar di awal game, dan modal itu kita gunakan untuk membeli mobil bekas dan mengambil SIM yang digunakan untuk berbagai macam race.
Dengan variasi mode untuk race membuat Gran Turismo memberikan berbagai macam sensasi untuk balapan di PS One. Ditambah dengan grafis dari PS One yang benar benar di maksimalkan menjadi nilai plus untuk Gran Turismo ini sendiri.
Gran Turismo 1 sendiri dirilis di Jepang pada Desember 1997 dan diikuti dengan US dan Eropa di 1998. Game yang di developed oleh Polyphony Digital dan di-published oleh Sony Computer Entertainment ini dirilis khusus dan eksklusif untuk Playstation.
Dengan total penjualan mencapai 11 juta kopi pada 30 April 2008, dan dengan rating yang hampir sempurna di setiap kritikus game,membuat Gran Turismo 1 menjadi Legenda di PS One, dan yang penasaran dengan Gran Turismo, ini dia trailernya,

Gran Turismo 2 – PS one ( 1999 dan awal 2000 )
Related image
Siapa yang gak inget dengan lagu The Cardigans, “My Favourite Game” di awal game ini mulai? Lantunan lagu dari Cardigans seakan memberikan feel tambahan dalam game ini. Dengan didukung oleh soundtrack yang oke selain Cardigans menjadikan Gran Turismo 2 (GT2) masuk kedalam SONY GREATEST HITS GAME di PS One.
Dengan mengabulkan impian dan permintaan para fans GT yang menginginkan Mode Rally masuk kedalam game, di GT2 itu semua terwujud, dengan adanya Rally mode di GT 2 menjadikan GT2 lebih dicintai oleh para fansnya.
Dirilis di tahun 1999 di Jepang dan AS, dan tahun 2000 di Eropa, dengan lebih dari 9,3 juta kopi game ini terjual di seluruh dunia. GT 2 menghadirkan beberapa perubahan dari Gran Turismo 1, dengan lebih menaikan tingkat kesulitan dari musuh yang menjadi lawan kita di track, dan dengan menaikan tingkat kesulitan dalam cara mengemudikan mobil yang kita kendarai tergantung dengan spesifikasi dan rating dari mobil kita itu sendiri.
Polyphony Digital selaku developer, menerima berbagai macam komplain dari para gamers yang mereport kalau masih ada glitch (kerusakan dan ketidaksempurnaan) dalam GT 2, seperti masih sering ditemukan mobil yang kita punya hilang dari garasi (ini adalah salah satu feature yang ada di game ini) dan juga full completion percentage dari game ini yang kalau sudah menamatkan semua race mode hanya 98% bukan 100%, tapi semua itu sepertinya tertutup oleh kebesaran nama Gran Turismo 2 dan “My Favourites Games” milik The Cardigans yang jadi OST game ini.

Gran Turismo 3 A-Spec – PS 2 ( 2001 )
Image result for cover gran turismo 3
Dengan kesuksesan di PS One,dan kedatangan Next Gen Console di tahun 2000an, dengan ini ikut jugalah perpindahan Gran Turismo ke Playstation 2,dengan memakai engine yang bisa dibilang luar biasa pada saat kemunculannya.
Tidak ada yang berubah drastic dari seri sebelumnya, dengan mengandalkan lisensi penuh dari 180 merek mobil didunia yang bisa dibilang turun drastis dari GT 2 yang mempunyai 650 lisensi. Tapi ini tidak mengurangi kenikmatan bermain dari GT 3 A-spec ini. Hal ini dikarenakan pihak Polyphony sendiri ingin mobil yang ada di GT 3 ini sedetail mungkin dan memaksimalkan engine yang ada di PS 2.
Dengan total penjualan 14,5 Juta kopi di seluruh dunia, menjadikan GT3 ini masuk dalam salah satu “Highest Selling Game” dalam sejarah franchise Gran Turismo.

Gran Turismo 4 – PS 2 ( 2004-2005)
Image result for cover gran turismo 4
Over 650 cars, 50 Courses, Drive Of Your Life” itu adalah kalimat yang keluar di intro dari GT4 ini. Dengan beberapa game modes yang baru, GT4 menawarkan sesuatu yang jauh berbeda dari GT3 A Spec.
Adanya driving mission dan penggunaan A Spec mode dan B spec Mode di GT 4. A Spec poin ini lebih seperti experience point bukan uang. Dan B spec mode adalah system tambahan dalam racing yang lebih detail dalam briefing sebelum race.
Juga ada photo mode yang memungkinkan kita mengambil gambar saat kita balapan dan bisa di save dan print menggunakan USB yang di connect ke PS2 kita.
Hal signifikan lain yang membedakan GT 4 dengan GT 3 adalah GRAFIK, disini grafiknya sangat jauh lebih detail dari GT 3 walaupun masih menggunakan system PS2 dengan hardware dan software yang sama.
Gran Turismo 4 sendiri mempunyai kelebihan yang unik, dimana kita bisa memainkan mobil mobil klasik dari tahun 1880an!!.  Juga ada berbagai macam mobil Concept seperti NIKE ONE.
Sebelum GT 4 dirilis Polyphony Digital mengeluarkan teaser dulu dengan merilis GT 4 Prologue di PS 2.
Dengan total penjualan 11.5 juta kopi diseluruh dunia, menjadikan para pengguna PS menantikan seperti apa Gran Turismo di PS 3

Gran Turismo 5 – PS3 (2010)
Image result for cover gran turismo 5
This is it! Akhirnya ini yang kita tunggu-tunggu the best racing game akhirnya datang ke NEXT GEN CONSOLE!! Gran Turismo 5 di tahun 2010 resmi dirilis di Playstation 3, setelah sebelumnya dirilis Gran Turismo 5 Prologue sebagai teaser sebelum GT5 dirilis.
Dengan berbagai macam fitur baru dan lisensi dari NASCAR, SUPER GT, dan World Rally Championship, juga rating di semua game kritik, majalah dan web game di dunia yang rata ratanya 9,5 dari 10 menjadikan GT5 “The Biggest and the most completed Racing Game in Console”.
Gran Turismo 5 adalah game dari Franchise Gran Turismo dimana setiap mobil bisa rusak tergantung dari Premium atau Standar merk mobil yang rusak (Harga dan kualitas diatas segalanya nih J ).
Dengan total 1083 mobil yang ada di GT5, gamers pun bisa memilih banyak mobil yang akan digunakan. Dan juga sound dari setiap mesin yang berbeda menjadikan kita serasa merasakan sensasi mobil yang kita pakai di GT5 seperti mengendarainya di jalanan Jakarta. Total sirkuit yang ada di Gran Turismo 5 adalah 81 yang bisa digunakan. Dan juga ada balapan di malam hari seperti di F1 Singapore.
PS3 yang sudah bisa online menjadikan banyak konten konten yang bisa di download di GT 5, seperti beberapa sirkuit dan mobil terbaru yang bisa di download. Juga kompatibel untuk bermain online.

Gran Turismo 6 – PS 3
Image result for cover gran turismo 6
Degan 15 tahun beredarnya Gran Turismo di Jagat game dunia, Polyphony Digital sudah merilis Trailer dan Teaser dari GT 6 yang akan dirilis tahun ini.
Belum banyak informasi dari game ini, karena belum ada detail yang keluar dari pihak SONY dan juga Polyphony, yang pasti the engine and graphics would be awesome mengingat ini bisa jadi seri GT terakhir di console PS3 sebelum PS 4 dirilis tahun ini.
So what would it be if there’s no Gran Turismo in our life? There wouldn’t be a Asia Afrika kid who love speaking about car, engine, tune up or anything? We never know.
But thanks to Gran Turismo series we can feel the experience to drive an expensive and luxury cars… but still, Only On Playstation



Sumber: http://www.traxonsky.com/celebrate-15-years-of-gran-turismo/

Komentar